Dengan belajar.id, Belajar Bisa Dilakukan di mana Saja

Beberapa anak-anak di Klaten dan Batam dapat bermain piano setelah mendapatkan materi belajar online dari sekolah musik di Jakarta. Padahal mereka belum pernah bertemu guru piano, apalagi mengikuti kursus musik. Mereka hanya belajar secara daring.

Investor saham di tahun 2020 meningkat tajam, didominasi anak muda berusia belasan tahun. Mereka mengenal dan belajar tentang saham dari platform digital seperti YouTube. 

Masih banyak hal yang dipelajari dari platform digital dan membuat banyak orang menjadi mahir, misalnya memasak, merias wajah, melukis, bahasa asing dan masih banyak lagi. Anak-anak dan kawula muda sangat cepat menjadi terampil, dengan belajar melalui berbagai platform digital. 

Ini menunjukkan, bahwa tanpa perlu bertatap muka, materi belajar tetap dapat disampaikan dan diterima dengan baik. Materi yang dipersiapkan dengan baik dan menarik, menjadi kunci keberhasilan belajar. Maka kurikulum sekolah pun akan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, sekalipun tidak bertatap muka dengan guru. Tentu saja, kuncinya terletak pada materi belajar daring yang dipersiapkan dengan baik. 

Platform gratis dari KEMDIKBUD

Per bulan Januari 2021, hampir satu tahun sebagian besar sekolah di Indonesia melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru dan siswa tidak dapat melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka. 

Berbagai upaya telah dilakukan lembaga pendidikan agar siswa dapat terus menerima materi pembelajaran, salah satu yang banyak dipakai adalah memanfaatkan teknologi digital. Untuk memfasilitasi para guru untuk mempersiapkan materi KBM dengan lebih maksimal, per 11 Desember 2020 KEMDIKBUD menyediakan platform yang diberi nama belajar.id untuk mendukung PJJ

Akun elektronik belajar.id disediakan secara GRATIS oleh KEMDIKBUD bagi siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran G Suite For Education.

Melalui belajar.id, dengan mudah kita bisa:

  1. Komunikasi antara KEMDIKBUD, pihak sekolah, guru, siswa dan orang tua murid dapat terjalin dengan baik. Guru bahkan dapat berkolaborasi interaktif dengan siswa. 
  2. Konten/materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Tugas sampai kepada siswa tanpa khawatir kena virus, memori penuh dan bisa diakses di mana saja. 
  3. Mengelola penilaian secara otomatis, otentik dan bermakna

Mengapa memakai akun belajar.id?

  1. Penyimpanan data tanpa batas di Gmail dan Google Drive. Selama ini data hanya  disimpan dalam 1 perangkat (misalnya di komputer sekolah, yang memorinya terbatas dan tidak bisa diakses dari komputer lain)
  2. Bila data yang diunduh hilang karena virus, data awal tetap aman di dalam akun belajar.id
  3. Fitur-fitur canggih seperti Google Chat, Classroom & Meet tersedia di belajar.id.

belajar.id mempermudah transformasi belajar ke platform online

Membiasakan diri dengan cara mengajar yang baru tidak mudah. Tetapi pandemi meningkatkan kebutuhan untuk bisa tetap melakukan belajar-mengajar dengan cara yang minim resiko, yaitu penggunaan teknologi.

Pemimpin lembaga pendidikan memegang peranan penting untuk mendorong penggunaan teknologi secara benar di dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Dengan transformasi digital, belajar bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Dan karena tren pendidikan akan semakin mengarah ke penggunaan teknologi, kita perlu membiasakan diri untuk menguasai berbagai platform seperti belajar.id untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia. 

Untuk terampil menggunakan belajar.id, dapat mempelajari webinar berikut: di sini.

Penulis : Dyahni Ardrawersthi

Share :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp