Kekuatan Artificial Intelligence dalam Google Sheets

artificial intelligence google sheets

Google Sheets adalah alat yang canggih, yang memungkinkan pengelolaan data yang efisien dan kolaboratif. Integrasi dengan Artificial Intelligence (AI), membuatnya semakin canggih. Fitur AI apa saja yang bisa digunakan dalam Google Sheets? Simak artikel ini, yuk.

Google Sheets adalah alat pengolah angka (spreadsheet) canggih yang memungkinkan pengguna mengatur dan menganalisis data dengan cepat efisien. Berbasis cloud, alat ini memampukan pengguna mengakses data dari mana saja, dan berkolaborasi dengan siapa pun secara real-time.

Tahun ini, Google meluncurkan fitur Artificial Intelligence (AI) di Google Workspace, yang tentunya juga termasuk di dalamnya adalah Google Sheets. Sebagai alat spreadsheet yang canggih, integrasi dengan AI membuat Google Sheets semakin powerful. Salah satu keuntungan AI yang paling signifikan dalam Google Sheets adalah memungkinkan pemrosesan data yang lebih cepat dan lebih akurat

Berikut adalah fitur-fitur AI di Google Sheets yang akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.

Smart Chips

Salah satu fitur AI terbaru dari Google adalah Smart Chips, sebuah cara baru yang memudahkan Anda berinteraksi dengan berbagai pratinjau dokumen dalam Google Workspace, tanggal, dan bahkan lokasi dalam Google Maps.

Bagaimana caranya? Semudah menggunakan tanda “@” dan AI akan secara otomatis memberikan pilihan dokumen, lokasi, ataupun nama pengguna yang berkolaborasi dalam pekerjaan Anda. Lihat contoh dalam video ini.

Oh iya, Smart Chips ini juga tersedia dalam Google Docs, lho.

Smart Cleanup

Smart Cleanup adalah fitur yang dapat mengidentifikasi kesalahan pada data, dan membantu Anda agar yakin bahwa data tidak terdistorsi oleh kesalahan sederhana. Jadi, jika ada data yang dobel atau salah tulis, fitur ini akan memberikan saran “pembersihan data”.


Caranya? Buka data dalam Google Sheets, lalu klik Data di bagian atas. Kemudian cari Data Cleanup, lalu Cleanup Suggestions. AI akan memberikan saran pembersihan data di sidebar, dan Anda tinggal membersihkan data sesuai dengan saran tersebut atau kebutuhan Anda sendiri. Contohnya dapat dilihat dalam video berikut:

SmartFill

SmartFill akan mendeteksi pola dan memberikan saran untuk membantu mengotomatiskan entri data. Anda dapat menggunakan SmartFill untuk tugas-tugas seperti mengekstrak nama depan dari daftar nama lengkap tertentu maupun mencari nilai dalam rentang atau tabel.

Untuk memisahkan nama depan dan nama belakang ke kolom yang berbeda dengan menggunakan SmartFill, Anda cukup menekan tombol di papan kunci:

  • Pengguna Windows/Chromebook: Ctrl + Shift + Y
  • Pengguna Macbook: Command + Shift + Y

Dan SmartFill akan otomatis mendeteksi formula, serta memasukkan data di rentang selanjutnya.

Berikut contoh penggunaan SmartFill:

Formula Suggestions

Formula Suggestions akan membuat Anda lebih mudah bekerja dengan formula dan fungsi. Fitur yang sangat cerdas dan “memahami” data dalam spreadsheet ini akan menyarankan formula dan fungsi berdasarkan data yang Anda masukkan.

Berikut contoh penggunaan Formula Suggestions:

Fitur Explore

Dengan banyaknya data dalam spreadsheet, tentu keberadaan AI yang bisa membantu dalam mempercepat pekerjaan akan sangat memudahkan. Fitur Explore dalam Google Sheets yang cerdas ini seperti “asisten” yang membantu menganalisa data dengan cepat pada kumpulan sel tertentu. Misalnya, untuk melihat penjualan tertinggi atau terpopuler serta rekomendasi grafik untuk menganalisa data. Jika tidak dapat menemukan sesuatu dalam data, Anda bisa “bertanya” dengan menggunakan fitur Explore ini.

Bagaimana caranya?

  1. Buka Google Sheets
  2. Di sudut kanan bawah, klik Explore
  3. Jika Anda ingin bertanya tentang data yang ada di sheet yang berbeda, di kanan atas, klik Edit dan ubah
  4. Di bawah “Answer”, masukkan pertanyaan Anda di kotak dan tekan Enter
  5. Untuk menemukan jawaban, klik pertanyaan di bawah kotak teks

Kerennya lagi, fitur ini juga tersedia dalam Google Docs dan Google Slides. Namun, harap diketahui bahwa hingga saat ini, fitur Explore baru hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Berikut contoh penggunaan fitur Explore:

Nah, demikian kecerdasan buatan yang akan mempermudah pekerjaan Anda menggunakan Google Sheets.

Menarik, bukan? REFO mengajak Anda semua untuk belajar lebih dalam tentang Google Sheets dalam Intermediate Sheets Online Course yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

Berikut adalah yang akan Anda pelajari dalam Intermediate Sheets:

  • Cara memproses data mentah dengan fungsi AVERAGE, AVERAGEIF, AVERAGEIFS, AVERAGE.WEIGHTED.
  • Cara menemukan data penting/kunci dengan lebih cepat menggunakan CONDITIONAL FORMATING.
  • Mempelajari cara menggabungkan banyak sumber data dengan fungsi IMPORTRANGE dan IMPORTHTML.
  • Cara menganalisis data dengan fungsi VLOOKUP, HLOOKUP, dan XLOOKUP.
  • Cara lanjutan menganalisis data dengan fungsi INDEX, MATCH.
  • Cara menganalisis data dengan cepat menggunakan PIVOT TABLE.

Yuk, segera daftarkan diri Anda melalui tautan ini https://bit.ly/intersheetsb1

Penulis: Astrid Prahitaningtyas

Artikel terkait:

Share :

Related articles