Bersama REFO, Pendidikan di Sumatera Utara Siap Melesat di Era Artificial Intelligence (AI)

sekolah di era artificial intelligence

Medan, Maret 2024PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) kembali menggemakan transformasi digital pendidikan. Program REFO Roadshow “Mempersiapkan Sekolah di Era AI” ini diselenggarakan pada Rabu, 20 Maret 2024, pukul 8.00 – 12.00 di Clapham Collective, Kota Medan. REFO mengundang pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Utara untuk bergabung dalam acara ini.

Setelah sukses dengan program REFO Roadshow “Transformasi Digital On-the-Go” pada tahun 2023, tahun ini REFO kembali menggelar roadshow dengan tema “Mempersiapkan Sekolah di Era AI”, yang akan diselenggarakan di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Analoginya, AI itu seperti memiliki teman robot yang sangat pintar dan berpengetahuan luas, yang dapat membantu kita mengerjakan banyak hal. Pada dasarnya AI bertujuan untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan manusia, dari hal sederhana seperti membuat gambar hingga hal yang rumit seperti mengendarakan mobil. Namun, karena AI bekerja dengan menggabungkan sekumpulan besar data yang “diajarkan” kepadanya, maka kemampuan AI pun terbatas pada manusia yang menciptakan dan “mengajarinya”.

Perkembangan AI telah begitu masif, dan kehadirannya menjadi salah satu faktor substansial yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Tahun lalu, AI masih merupakan topik hangat, tetapi tahun 2024 ini AI telah menjadi bagian integral dalam bidang pendidikan. Oleh sebab itu, sekolah harus siap menghadapi era AI ini, karena sekolah memiliki peran krusial dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh perkembangan zaman.

Direktur REFO, Pepita Gunawan, menyatakan bahwa perkembangan dan pemanfaatan AI dalam pembelajaran tidak mungkin dihindari. Oleh karenanya, sekolah harus mampu mengadaptasinya dengan bijak dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO mengajak institusi pendidikan untuk bersama-sama membahas tuntas bagaimana mengintegrasikan AI dalam sistem pembelajaran berbasis teknologi Google.

“AI itu sangat luas, dan banyak sekali alat serta fitur bertenaga AI yang dapat kita optimalkan untuk pendidikan. Dalam program ‘Mempersiapkan Sekolah di Era AI’ ini, kita akan bahas perspektif Google for Education tentang AI dan potensinya untuk mentransformasi pembelajaran. Harapan saya, REFO dapat memberikan ide-ide segar beserta langkah-langkah konkrit implementasi AI di sekolah,” ujar Pepita Gunawan.

Pembahasan utama dalam acara ini adalah:

  • Memulai persiapan sekolah menghadapi era AI
  • AI dalam pembelajaran
  • Mengelola sekolah dengan AI
  • Sharing bersama Sekolah Rujukan Google

Adapun pembicara dalam program eksklusif ini adalah:

  • Tiffany Santosa, Program Manager Google for Education
  • Pepita Gunawan, Direktur REFO
  • Steven Sutantro, Principal Learning Consultant REFO
  • Febriandrini Kumala, Wakil Direktur Lazuardi Al-Falah, Klaten (Sekolah Rujukan Google)

Dalam acara ini juga akan diadakan Klinik 4L (Laptop Lemot Langsung Lincah), di mana peserta dapat membawa laptop lamanya untuk diremajakan dengan ChromeOS Flex, sistem operasi komputer canggih dengan berbagai keunggulan yang akan membuat laptop jadul kembali lincah dan produktif.

Acara REFO Roadshow “Mempersiapkan Sekolah di Era AI” tidak dipungut biaya, dengan kapasitas terbatas, dan khusus ditujukan kepada pemimpin yayasan dan/atau pemimpin institusi pendidikan, atau kepala/pengelola divisi TIK dalam institusi pendidikan.

Anda tertarik bergabung dalam program ini? Silakan menghubungi REFO melalui Chairis Yoga melalui email chairis@refoindonesia.com atau Ria Ayu Prastiti melalui email ria@refoindonesia.com.

Tentang REFO

PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) lahir dari keyakinan akan potensi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Visi REFO adalah untuk melihat Indonesia 2045, yang dipimpin oleh individu-individu yang holistik, mempunyai tujuan hidup, dan berketuhanan. Dengan memfasilitasi pengembangan keahlian, memberdayakan komunitas, dan memampukan pendidikan di Indonesia untuk mengoptimalisasi teknologi digital dalam pembelajaran, tujuan utama REFO adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidik untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa. Area keterlibatan REFO saat ini adalah Teknologi Pendidikan, Kepemimpinan Pemuda, Platform Ide, Pemberdayaan Komunitas dan Bimbingan Startup. REFO Indonesia adalah Google for Education Partner di Indonesia.

Share :

Related articles