Google Meet: Solusi Rapat Virtual Masa Kini

google meet

Rapat virtual kian populer di tengah kesibukan dan mobilitas yang tinggi, Google Meet hadir sebagai solusi untuk mengadakan rapat yang efektif dan efisien. Yuk, akrabkan diri dengan fitur-fitur canggihnya.

Fenomena rapat virtual atau daring berkembang dengan pesat. Meskipun awalnya lahir karena kebutuhan mendesak akibat pandemi COVID-19, teknologi telekonferensi ini tampaknya telah menjadi bagian integral dalam komunikasi bisnis maupun pendidikan.

Ada banyak platform virtual meeting, salah satunya adalah Google Meet. Siapa tak kenal dengan platform ini? Kita pun pasti sering menggunakannya, bukan? Nah, dalam artikel ini kita akan membahasnya.

Merangkum berbagai artikel dalam blog resmi Google, berikut adalah fitur-fitur canggih dalam Google Meet yang akan membantu kita menciptakan rapat virtual yang efektif dan efisien:

  1. Kualitas video dan audio. Teknologi Google yang canggih memungkinkan kualitas video yang tajam dan audio yang jernih. Anda juga bisa mengubah kualitas video dan audio sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini memungkinkan komunikasi berjalan dengan lancar dan bebas hambatan
  2. Mematikan mikrofon. Fitur ini memungkinkan Anda mematikan suara (mute) mikrofon saat Anda tidak berbicara, sehingga tidak ada “kebisingan” yang mengganggu dalam rapat. Anda juga dapat mematikan mikrofon peserta lain.
  3. Tampilan multi-layout. Anda dapat memilih berbagai tampilan layout, seperti tiled view untuk melihat semua peserta sekaligus, atau spotlight view untuk fokus pada pembicara. Fitur ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus selama rapat berlangsung.
  4. Berbagi layar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan presentasi selama rapat virtual berlangsung dengan membagikan layar Anda kepada seluruh peserta, dengan pilihan entire screen, window atau tab. Jadi, presentasi tak lagi harus dilakukan secara tatap muka.
  5. Keamanan terjamin. Google Meet menggunakan enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi dan keamanan rapat Anda.
  6. Perekaman rapat. Merekam rapat dapat berguna jika Anda ingin meninjau rapat tersebut di lain waktu, atau membagikan rekaman kepada orang yang tidak dapat hadir. Sangat memudahkan, bukan?
  7. Polling dan Q&A. Fitur ini memungkinkan rapat virtual jadi lebih engaged dan interaktif, dengan melibatkan peserta rapat secara langsung.
  8. Teks terjemahan langsung. Live translated caption, atau teks terjemahan langsung ini membantu pengguna global terhubung dengan lebih banyak orang secara daring.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa fitur yang hanya tersedia di edisi-edisi tertentu Google Workspace, antara lain perekaman rapat, polling dan Q&A, dan teks terjemahan langsung.

Yang paling penting adalah bahwa Google Meet ini terintegrasi dengan Google Workspace, sehingga memungkinkan Anda mengelola rapat, mengundang dan berkolaborasi dengan peserta secara mudah menggunakan berbagai alat Google Workspace. Namun, tentunya ada tip dan trik pemanfaatannya agar optimal, antara lain:

  • Membuat agenda rapat virtual yang efektif dengan Google Calendar.
  • Membuat ruang rapat virtual yang aman.
  • Membuat penilaian dan umpan balik yang lebih interaktif dengan Google Form.
  • Menganalisis data dengan lebih cepat dan efisien dengan Google Sheets.
  • Mengeksplorasi fitur lanjutan di Gmail, Chat, dan Add-ons.

Semua tip dan trik tersebut dapat Anda dapatkan dengan belajar #bersamaREFO dalam “Short Course Creating Impactful Virtual Meetings”.

Yuk, optimalkan komunikasi virtual. Pembelajaran dan rapat virtual jadi makin efektif dan efisien. Daftar dengan mengisi formulir ini, ya.

Penulis: Astrid Prahitaningtyas

Artikel terkait:

Share :

Related articles