Dampak Ekonomis Google Workspace for Education Plus

google workspace for education plus

Google Workspace for Education Plus adalah edisi lanjutan yang memberikan banyak manfaat. Tak hanya dari segi penggunaan, dari sisi ekonomi pun edisi komprehensif ini memberikan manfaat yang tak tanggung-tanggung. Apa saja sih? Simak artikel ini.

Google Workspace for Education adalah sebuah platform besutan Google yang diperuntukan bagi sekolah dan universitas di seluruh dunia, yang memenuhi syarat. Di Indonesia, Google Workspace for Education hanya bisa digunakan oleh institusi pendidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan Kemendikbudristek.

Google Workspace for Education menyediakan rangkaian alat berbasis cloud, yang mencakup aplikasi komunikasi dan kolaborasi, seperti Gmail, Google Meet, Google Drive, Google Calendar, Google Classroom, dan sebagainya.

Sudah lebih dari 170 juta pendidik dan peserta didik di seluruh dunia menggunakan Google Workspace for Education untuk mendukung kolaborasi, pengajaran, dan keamanan. Dan jika institusi Anda memiliki kebutuhan IT yang lebih canggih, Google Workspace for Education Plus adalah jawabannya. Ini adalah edisi yang paling komprehensif, yang menggabungkan kemampuan pengajaran, pembelajaran, dan keamanan tingkat lanjut.

Pertengahan 2022 ini, Google menugaskan Forrester Consulting untuk melakukan studi dengan metode Total Economic ImpactTM (TEI) untuk mengkaji potensi Return on Investment (ROI) dari penggunaan Google Workspace for Education Plus pada institusi-institusi pendidikan. Tujuannya adalah untuk menguji nilai dan manfaat secara ekonomis dari pengimplementasian Google Workspace for Education Plus.

Forrester mewawancarai 18 pengambil keputusan dalam 10 organisasi yang menggunakan Google Workspace for Education Plus. Hasil wawancara tersebut menyatakan bahwa sebelum menggunakan Education Plus, institusi-institusi itu bekerja menggunakan berbagai alat dan solusi, dan banyak di antaranya yang tidak menyediakan kemudahaan pengelolaan, jangkauan fungsi, atau tingkat keamanan dan wawasan yang dibutuhkan. Namun, pengimplementasian Google Workspace for Education Plus mampu memperkuat keamanan, menyederhanakan manajemen, membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif, meningkatkan kolaborasi, serta dapat mengkonsolidasi aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga.

Berikut adalah angka statistik dari hasil studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting tersebut:

Sumber: [Executive Summary] The Total Economic Impact™ of Google Workspace For Education Plus

Berikut adalah interpretasi dari angka tersebut di atas. Sebagai catatan, angka-angka tersebut dihitung untuk selama 3 tahun penggunaan Google Workspace for Education Plus.

  1. Google Workspace for Education Plus membantu penghematan waktu yang biasanya digunakan untuk mencari dan menghapus phishing email, serta menyelesaikan permasalahan IT sampai dengan 35 minggu. Dengan demikian, tim IT dapat bekerja 80% lebih cepat, dan keamanan ekosistem pun meningkat.
  2. Tak hanya keamanan yang meningkat, institusi-institusi tersebut sudah meninggalkan berbagai macam platform yang berbeda-beda, yang seluruh manfaatnya telah didapatkan dari penggunaan Google Workspace for Education. Bukan saja lebih menyederhanakan kerja seluruh ekosistem secara administrasi, tapi juga dapat menghemat pengeluaran, karena cukup dengan satu platform, semua kebutuhan komunikasi dan kolaborasi terpenuhi.
  3. Secara keseluruhan Google Workspace for Education Plus menghasilkan ROI sebesar 191% selama 3 tahun.

Jadi, dengan mengimplementasikan Google Workspace for Education Plus, institusi Anda telah menghemat waktu kerja IT, sehingga tim IT dapat bekerja lebih optimal untuk keamanan ekosistem.

Tak cukup sampai di situ, dengan menggunakan satu platform untuk semua, Anda tak lagi perlu menggunakan bermacam-macam alat dan solusi yang sebelumnya Anda gunakan, dan itu juga berarti penghematan biaya.

Penyederhanaan manajemen, kemudahan komunikasi, dan peningkatan sistem kolaborasi juga menjadi nilai tersendiri dari Google Workspace for Education Plus.

Tunggu apa lagi? Segera upgrade Google Workspace for Education Anda! Jika membutuhkan informasi atau solusi lebih lanjut,  silakan menghubungi Solutions Consultant REFO melalui email ini.

Penulis : Astrid Prahitaningtyas

Artikel terkait:

Share :

Related articles